Gejala Bronkitis Yang Perlu Diketahui

Salah satu penyakit yang bisa menyerang siapa pun dan kapan pun karena kurangnya menjaga kesehatan adalah penyakit bronkitis. Penyakit ini bisa menyerang siapa saja mulai dari orang dewasa, remaja bahkan anak-anak. Beberapa dari kalian mungkin kurang mengetahui gejala bronkitis sehingga kalian menganggap hanya penyakit batuk biasa namun ternyata jika dibiarkan begitu saja akan menyebabkan masalah yang lebih serius. Bronkitis merupakan penyakit peradangan pada dinding saluran bronkus atau saluran udara yang menghubungkan trakea dengan paru-paru Dinding ini menghasilkan lendir yang berfungsi untuk melindungi organ dan jaringan dalam sistem pernapasan. Jika sudah terserang penyakit bronkitis maka kondisinya kalian akan sulit menghirup dan mengeluarkan napas dari paru-paru. Hal tersebut membuat jaringan tenggorokan mengalami iritasi dan lebih banyak mengeluarkan lendir.

Cepat Dan Tanggap Terhadap Gejala Bronkitis

Penyakit bronkitis sendiri memiliki dua jenis, yang pertama penyakit bronkitis akut yang sering terjadi pada anak-anak. Bronkitis yang menyerang anak-anak umumnya berlangsung beberapa minggu namun dapat menyebabkan gejala bronkitis yang parah. Yang kedua bronkitis kronis, jenis bronkitis ini sering dialami oleh orang dewasa dan penyebabnya seringkali karena kebiasaan merokok yang tidak dapat berhenti. Umumnya penyakit bronkitis kronis berlangsung cukup lama yaitu berbulan-bulan hingga tahunan. Nah sebelum kalian bisa melakukan tindakan yang cepat dan tepat, tentu kalian perlu mengetahui gejala penyakit ini, gejalanya seperti hidung meler, tubuh lemas, sakit kepala, panas dingin, demam, sesak napas, nyeri di dada, mengi dan sakit tenggorokan.

Nah banyak cara yang cepat dan tepat untuk mengatasi masalah bronkitis sehingga tidak semakin bertambah parah. Tentu kalian yang bukan seorang perokok bisa mengatasi masalah bronkitis secara perlahan dengan mengatur pola hidup yang sehat dan selalu menjaga kondisi tubuh agar tetap stabil. Sebagai perokok tentu memiliki penanganan yang lebih, jangan sampai penyakit bronkitis semakin parah karena perilaku merokok yang juga tidak bisa berhenti. Tangani secara cepat dan tanggap terhadap gejala bronkitis agar bisa sembuh dan kondisi tubuh kembali sehat.

Related posts: